Saturday 24 December 2016

Lomba Merias Hantaran Pernikahan

Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2016, TP PKK Desa Derekan menyelenggarakan acara Peringatan Hari Ibu dan Bermain Bersama Bunda PAUD. Dalam acara ini diselenggarakan lomba menghias hantaran untuk acara pernikahan. Acara ini dilaksanakan di Balai Desa Derekan Kecamatan Pringapus pada hari Minggu, 18 Desember 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00. Lomba ini dibiayai oleh dana desa dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 1.800.000.
Panitian lomba adalah pengurus TP PKK Desa Derekan dengan ketua Umi HS, Sekretaris Nur Hikmah, Rukuni sebagai bendahara dan Ely Suzana sebagai seksi perlengkapan. Adapun peserta dalam lomba tersebut adalah perwakilan dari tiap RT yang berjumlah 15. Namun pada kenyataannya peserta hanya berjumlah 9 orang sebab ada beberapa RT yang tidak terwakili.
Lomba diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars PKK, sambutan dari ketua panitia, sambutan sekaligus pembukan dari ketua TP PKK Desa Derekan, penampilan dari anak-anak TK Tunas Patria dan PAUD Tunas harapan yang bertajuk Bermain Bersama Bunda PAUD. Dalam acara ini anak-anak TK memeragakan permainan tradisional jamuran. Beberapa anak membentuk kelompok kelompok kecil, tiap kelompok terdiri dari 5 anak. Mereka membentuk lingkaran, bernyanyi dan berputar menyanyikan lagu jamuran. Selesai bermain jamuran kemudian mereka bermain cublak-cublak suweng. Adapun anak PAUD menampilkan gerak dan lagu dengan lagu pengiring satu ditambah satu. Asesoris yang mereka pakai di kepala dan di badan berbahan koran dengan modifikasi kertas minyak warna warni menambah kemeriahan penampilan mereka.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba menghias hantaran. Kriteria penilaian berdasarkan pada kreatifitas, kerapian dan keindahan karya. Adapun bahan yang dipakai tidak ditentukan secara khusus oleh panitia. Sebelum acara lomba dilangsungkan terlebih dahulu dewan juri, dalam hal ini adalah Lia Harum Sari dan Nurul Hikmah Nur Khasanah yang notabene adalah anggota karang taruna desa Derekan, membacakan tata tertib dan kriteria lomba.
Karya peserta ada yang berbahan jarik dibentuk burung, handuk dibentuk kelinci, mukena dan seprei dibentuk bunga, ada pula yang membuat masjid dari mukena. Selain itu ada pula yang membuat lipatan-lipatan uang sehingga menjadi replika burung merak.
Kemeriahan lomba diakhiri dengan pembacaan peraih juara yaitu, ibu Suci dari RT 5 RW 1 sebagai juara 1, Ibu Ely Suzana sebagai juara 2, Ibu Sri Antari meraih juara 3, serta Ibu Budiani dan Ibu Susmiawati sebagai juara harapan 1 dan 2.

No comments:

Post a Comment